Rabu, 10 Desember 2014

subtema organ tubuh manusia dan hewan kurikulum 2013

SUBTEMA 1
TUBUH MANUSIA

Pembelajaran 1

Hari ini Beni, Siti, dan Edo berkumpul di rumah Dayu. Mereka sedang belajar kelompok untuk mencari tahu mengenai nama-nama anggota tubuh manusia beserta fungsinya. Apa saja yang mereka lakukan? Beni dan Edo mencari gambar dari beberapa majalah yang mereka kumpulkan. Sementara itu, Siti dan Dayumembaca berbagai buku referensi.  Amatilah gambar yang berhasil ditemukan Beni dan Edo berikut.



Setelah mengamati gambar di atas, bacalah teks bacaan yang diperoleh Siti dan dan Dayu mengenai nama-nama anggota tubuh manusia berikut.

Ayo bacalah!

Nama Bagian Tubuh Manusia (Anggota Badan)

Tubuh manusia terdiri atas banyak bagian-bagian yang bersatu-padu membentuk satu kesatuan harmonis untuk melayani kebutuhan manusiadalam melakukan aktivitas hidup sehari-hari. Terdapat banyak anggota tubuh manusia dari ujung rambut sampai ujung kaki yang masing-masing memiliki fungsi dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tubuh manusia yang kompleks dan sempurna merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dianugerahkan kepada manusia untuk selalu beribadah kepadanya. Nama anggota badan atau bagian tubuh manusia terangkum dalam uraian berikut.
  1. Bagian Kepala
    Nama-nama anggota tubuh bagian kepala manusia terdiri atas rambut, jidat, bola mata, wajah, alis, telinga, kelopak mata, bulu mata, hidung, lubang hidung, lesung pipi, pipi, dagu, kumis, jenggot, mulut, lidah, gigi, bibir, dan gusi.
  2. Bagian Badan Atas
    Leher, jakun, pundak atau bahu, tenggorokan, dada, perut, pusar, punggung, putting, payudara, dan rusuk merupakan nama-nama bagian tubuh manusia yang ada pada bagian badan atas.
  3. Bagian Badan Bawah
    Pinggang, panggul, pantat, kemaluan, kemaluan laki-laki, kemaluan perempuan, dubur, dan buah pelir merupakan nama-nama bagian tubuh manusia yang ada pada bagian badan bawah.
  4. Bagian Tangan
    Nama- nama bagian tubuh manusia yang ada pada bagian tangan yaitu ketiak, lengan atas, siku, lengan bawah, telapak tangan, ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, jari manis, jari kelingking, bulu ketiak, kuku, dan pergelangan tangan.
  5. Bagian Kaki
    Paha, lutut, betis, mata kaki, telapak kaki, punggung kaki, tumit, dan jari kaki merupakan nama-nama anggota tubuh yang ada pada bagian kaki.
  6. Bagian Umum
    Nama-nama anggota tubuh pada bagian umum terdiri atas kulit, bulu, dan pori-pori.
  7. Bagian Dalam
    Otak, darah, daging, tulang, otot, usus, jantung, paru-paru, lambung, ginjal, hati, dan pancreas merupakan nama-nama anggota tubuh yang terdapat pada bagian dalam tubuh manusia. Kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah diberikan tubuh yang sempurna dan berfungsi dengan baik. Kita akan sangat kesulitan melakukan berbagai kegiatan sehari-hari jika anggota tubuh kita tidak lengkap atau cacat. Bersyukur, merawat dengan baik dan dimanfaatkan untuk kebaikan adalah cara terbaik dalam penggunaan anggota tubuh kita.

Berdasarkan gambar dan teks bacaan di atas, coba sebutkan nama-nama anggota tubuh dan fungsinya. Tuliskan dalam kolom berikut.


no
Nama anggota tubuh manusia
Fungsi anggota tubuh
1


2


3


4


5


6


7


8


9


10



 Rambut merupakan bagian tubuh manusia yang memiliki banyak fungsi. Seperti halnya rambut di kepala manusia yang memiliki fungsi melindungi kepala dari sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, rambut di kepala harus dirawat di antaranya dengan cara keramas, disisir, dan dirapikan misalnya dengan diikat. Hari ini rambut Dayu nampak lain. Rambut Dayu diikat dengan tali rambut sehingga terlihat rapi dan cantik. Edo pun bertanya kepada Dayu, “Dayu tali rambutnya bagus, di mana kamu beli? Aku ingin membelikan adikku”. “Tali rambut ini oleh-oleh Bibiku dari bandung, banyak kok ada satu lusin. Nanti aku beri saja untuk adikmu”, jawab Dayu. “Satu lusin itu berapa banyak, Dayu?, tanya Edo lagi. “Sebentar, aku ambilku tali rambutku yang lain”, kata Dayu. Kemudian, Dayu memperlihatkan satu lusin ikat rambut. 

Dalam kotak di bawah ini terdapat gambar satu lusin ikat rambut.

Berapa banyak satu lusin ikat rambut?
Hitunglah banyak ikat rambut dalam kotak di atas.

1 lusin = ...... buah

Dayu juga bercerita kepada teman-teman, jika bibinya juga membelikan kain serbet kepada ibunya sebanyak satu kodi. Berikut merupakan gambar 1 kodi kain serbet.



Berapa banyak satu kodi kain serbet?
Hitunglah banyak kain serbet dalam kotak di atas.
1 kodi = ....... potong

Selain satuan lusin dan kodi juga ada satuan yang dinamakan rim dan gros. Berapa banyak satu rim dan satu gros?

 
 1 rim = 500 gram

 1 gros = 12 lusin
Ayo Berlatih!
Kerjakan soal-soal berikut! 
  1. Dayu akan membeli ikat rambut disebuah toko. Di toko tersebut ada 5 lusin ikat rambut. Dayu membeli setengah lusin. 
5 lusin = . . . buah
1/2 lusin = . . . buah
  1. Ibu Ayu seorang penjual kain batik. Ibu Ayu mempunyai persediaan 8 kodi kain batik. Hari ini ibu Ayu sudah menjual 1/4 kodi kain batik.
    8 kodi = . . . potong
    1/4 kodi = . . . potong
  2. Pak Heri sebagai penjaga kios fotokopi. Di kios Pak Heri terdapat persediaan 6 rim kertas foto kopi. Pak Heri sudah menggunakan 1 1/2 rim kertas untuk memfotokopi.
    6 rim = . . . lembar
    1 1/2 rim = . . . lembar
  3. Ibu Nita seorang penjahit. Ibu Nita mempunyai persediaan 1/2 gros kancing baju yang polos.
    1/2 gros = . . . lusin
    1/2 gros = . . . buah 

ayo renungkan!
Apakah untuk melindungi tubuhmu kamu menggunakan pakaian yang layak pakai?
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................

kerja sama dengan orangtua!
Apa nama anggota tubuh yang kamu gunakan untuk berjalan, makan, menulis, dan
membaca?
no
kegiatan
Anggota tubuh yang digunakan
1


2


3


4




Pembelajaran 2

Siswa kelas 4 hari ini melakukan olahraga jalan cepat. Banyak manfaat dari olah raga ini bagi tubuh manusia. Tahukah kamu manfaat dari jalan cepat? Apakah olahraga jalan cepat bermanfaat bagi jantung manusia?

  

Ayo Sebutkan! 
Sebutkan manfaat olahraga jalan cepat. Tuliskan dalam kolom berikut!
Manfaat olahraga jalan cepat.
  1. ................................................................................................................................................
  2. ...............................................................................................................................................
  3. ................................................................................................................................................

Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantung
Tidak perlu menjadi atlet untuk menjadi bugar. Membiasakan diri berjalan cepat setengah jam setiap hari akan menjamin kebugaran tubuh. Menjadi bugar membantu tubuh merasa lebih sehat dan memiliki lebih banyak energi untuk bekerja dan bersenang-senang. Meningkatkan kebugaran sangat baik bagi jantung, paru-paru, tulang, dan persendian. Manfaatnya juga dapat menurunkan risiko serangan jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan beberapa jenis kanker. Jika sudah mengalami satu atau lebih gangguan kesehatan ini, berolahraga akan membantu tubuh mengendalikan berbagai masalah kesehatan lainnya sehingga tubuh merasa lebih baik. Seberapa jauh latihan aerobik dapat meningkatkan kebugaran tergantung pada seberapa baik tubuh menggunakan oksigen. Manfaat ini tergantung pada kondisi jantung, paru-paru, dan otot. Setiap aktivitas yang membuat jantung berdetak lebih cepat dapat meningkatkan kebugaran. Kebugaran yang diperoleh dari latihan aerobik ini disebut juga ‘kardio’.  Kardio adalah singkatan dari latihan kardiovaskular, yaitu setiap latihan yang membuat jantung bekerja lebih keras untuk sementara waktu. Latihan ini termasuk jogging, bersepeda, atau berenang. Seperti dilansir HealthDay, Kamis (15/3/2012), berikut adalah aktivitas fisik yang dibutuhkan agar jantung tetap sehat. Lakukan aktivitas aerobik dalam taraf sedang selama minimal 150 menit setiap minggu. Aktivitas ini dapat dilakukan dengan cara apapun yang disuka. Misalnya, dengan berjalan rutin dengan variasi waktu sebagai berikut.
  • Berjalan kaki selama 11 menit dua kali sehari secara rutin atau 22 menit sekali setiap hari.
  • Berjalan-jalan setengah jam 3 hari dalam seminggu dan pada 4 hari sisanya disi dengan 15 menit berjalan kaki.
  • Berjalan-jalan selama 45 menit setiap hari.
Bisa juga dengan melakukan aktivitas yang lebih berat seperti berlari minimal 75 menit dalam seminggu. Kegiatan ini membuat napas lebih lega dan detak jantung lebih cepat daripada saat beristirahat. Aktivitas ini dapat dilakukan dengan cara apapun yang disuka. Bisa juga dengan: Berlari selama 25 menit 3 kali seminggu. Berlari selama 15 menit 5 kali seminggu. Anak-anak membutuhkan lebih banyak aktivitas. Doronglah agar anakanak berusia 6 - 17 tahun mau melakukan olahraga dalam taraf sedang hingga berat minimal 1 jam setiap hari. Salah satu cara untuk mengetahui seberapa keras olahraga yang dilakukan adalah mengukur tingkat detak jantung. Detak jantung yang aktif tidak hanya membantu menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, tetapi  juga membantu tubuh tetap fit.

ayo simpulkan!
Berdasarkan teks bacaan di atas, banyak olahraga yang untuk kesehatan jantung, di antaranya sebagai berikut.

                                                      
 berlari                                         berjalan

Bacalah teks bacaan di atas. Buatlah kesimpulan dari teks tersebut mengenai olahraga yang untuk jatung. Tuliskan hasil kesimpulanmu pada kolom berikut!   
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................

Tubuh manusia dibuat untuk banyak bergerak. Olahraga membuat otot dan rangka tubuh bergerak, denyut jantung meningkat sehingga darah beserta oksigen dan nutrisi bisa disalurkan dengan baik ke seluruh tubuh. Jarang berolahraga membuat distribusi oksigen ke seluruh tubuh terganggu. Dampaknya, otot tubuh akan kekurangan oksigen sehingga membuat badan terasa pegal-pegal dan kaku. Kekurangan oksigen juga membuat kerja otak tidak maksimal sehingga mudah pusing dan susah konsentrasi. Tulang-tulang pada rangka manusia harus dirawat supaya tetap sehat. Cara merawat tulang di antaranya dengan berolahraga secara teratur dan makan makanan yang bergizi. Sebagai contoh, dengan olahraga jalan kaki maka tulang, otot, dan persendian lutut manusia akan menjadi sehat. Ingatkah kamu bagianbagian rangka tubuh manusia yang telah dipelajari pada buku tema 4?       

ayo mengingat!


Berdasarkan bentuknya, tulang rangka dibagi menjadi 3 macam, sebagai berikut.
  1. Tulang pipa

   

 Tulang pipa berbentuk panjang seperti pipa. Kedua ujung tulang pipa membesar, membentuk bonggol yang tersusun atas tulang spons yang disebut epifise. Bagian tengah di antara kedua bonggol disebut diafise. Berbeda dengan epifise, diafise merupakan tulang kompak dan di dalamnya terdapat rongga yang disebut rongga sumsum tulang. Contoh tulang pipa adalah tulang paha, tulang betis, dan tulang lengan atas.

 
 Contoh tulang pipa, yaitu tulang lengan atas (tanda panah)
  1. Tulang Pendek
    Tulang pendek berbentuk silinder kecil (bulat pendek). Contoh tulang pendek adalah ruas-ruas tulang belakang, tulang pergelangan kaki, dan tulang pergelangan tangan.
 
Contoh tulang pendek, yaitu tulang pergelangan tangan (tanda panah).

  1. Tulang Pipih
    Tulang pipih berbentuk pipih dan lebar. Contoh tulang pipih adalah tulang dada, tulang tempurung kepala, tulang rusuk, dan tulang belikat.

 
 Contoh tulang pipih, yaitu tulang belikat (tanda panah)

Apa fungsi rangka manusia? Bersama teman-temanmu satu kelas, diskusikanlah fungsi rangka tubuh kita. Tuliskan hasil diskusimu dalam kolom berikut!

no
Fungsi rangka
1

2

3

4

5


Setelah mengamati beberapa gambar tulang pada tubuh manusia di atas, dapatkah kamu menggambar manusia? Kamu anak yang pintar dan kreatif, pasti dengan mudah kamu akan menggambar. Setelah berolahraga jalan cepat, hari itu Edo dan teman-temannya kelas 5 akan belajar menggambar komik dengan tokoh yang akan digambar yaitu manusia. Tahukah kamu yang dimaksud gambar komik? Amatilah beberapa gambar komik berikut.

ayo amati!
 


 ayo simpulkan!
Setelah mengamati gambar di atas, dapatkah kamu menyimpulkan apa yang dimaksud dengan menggambar komik? Tuliskan yang dimaksud menggambar komik pada kotak berikut.
Menggambar komik adalah:
..........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

ayo caritahu!
Tahukah kamu langkah-langkah menggambar komik? Coba cari tahu langkahlangkah membuat komik. Kamu dapat bertanya kepada orang yang kamu anggap tahu, kamu dapat membaca buku-buku referensi, kamu juga dapat membuka internet. Tuliskan langkah-langkah menggambar komik pada kolom berikut!
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................

ayo renungkan!
Mengapa rangka tubuh berguna bagi manusia? Bagaimana jika manusia tidak mempunyai rangka tubuh yang kuat?  
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

kerjasama dengan orangtua!
Sebelum menggambar komik, coba gambarlah satu di antara bentuk tubuh anggota keluargamu. Kamu dapat menggambar: ibu, ayah, kakek, nenek, adik, atau pun kakak pada kotak berikut. 
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Pembelajaran 3

 


Hari ini Siti ikut ibunya berbelanja. Siti dan ibu berbelanja berbagai alat rumah tangga. Selain untuk kebutuhan di rumah Siti, barang-barang yang dibeli ibu nantinya juga akan dijual lagi. Ada beberapa tetangga Siti yang sudah memesan barang-barang itu. Seperti Bu Farida yang pesan gelas 5 lusin atau 60 buah gelas untuk arisan. Ada Pak Dodi yang pesan kertas 1 rim atau 500 lembar untuk anaknya yang sedang membuat tugas kuliah. Ada juga Bu Hanggoro yang memesan serbet makan 2 kodi atau 40 potong yang akan digunakan untuk hadiah lomba memasak. Ingatkah kamu berapa banyak 1 lusin? Berapa banyak 1 rim? Berapa banyak 1 gros? Untuk mengingatnya, kerjakan latihan berikut.

ayo berlatih!
 Isilah dengan bilangan yang benar.
1. 2 lusin + 2 buah = . . . buah.
2. 1/3gros + 36 buah = . . . lusin.
3. 3 kodi – 15 potong = . . . potong.
4. 2 rim – 24 lembar = . . . lembar.
5. 1 gros – 5 lusin + 8 buah = . . . buah.

Hubungkan kelompok yang isinya sama banyak.
3 lusin + 7 buah                      324 buah
4 kodi + 2 buah                    55 buah
1/2 rim + 15 buah                 82 buah
1/4gros +19 buah                 42 buah
2 gros + 3 lusin                     265 buah

Siti dan ibunya dengan senang hati membelikan pesanan para tetangganya itu. Selain memperoleh keuntungan, ibu Siti juga dapat membantu para tetangga. Siti menyadari, bahwa sebagai makhluk sosial manusia harus saling membantu. Sebagai makhluk sosial, manusia perlu berhubungan dengan orang lain atau saling membutuhkan dengan lainnya. Tahukah kamu yang dimaksud dengan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial?

ayo cari tahu!
Coba cari tahu yang dimaksud manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk individu. Kamu dapat bertanya kepada orang yang kamu anggap tahu, kamu dapat membaca buku-buku referensi, kamu juga dapat membuka internet. Tuliskan pada kolom berikut!
manusia sebagai makhluk individu:
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

manusia sebagai makhluk sosial:
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial memiliki karakteristik. Tahukah kamu karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial? 

ayo amati!
 Amatilah gambar berikut. Kemudian, lengkapilah kalimat sesuai dengan gambar

Gambar di samping menunjukkan manusia sebagai makhluk . . .

   Gambar di samping menunjukkan manusia sebagai makhluk . . . .

ayo bacalah!

Manusia Sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial

  1. Manusia Sebagai Makhluk individu
    Manusia sebagai makhluk individu memiliki unsur jasmani dan rohani, unsur fisik dan psikis, serta unsur raga dan jiwa. Seseorang dikatakan sebagai manusia individu manakala unsur-unsur tersebut menyatu dalam dirinya. Setiap manusia memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, tidak ada manusia yang persis sama. Dari sekian banyak manusia, ternyata masingmasing memiliki keunikan tersendiri. Seorang individu adalah perpaduan antara faktor fenotip dan genotip. Faktor genotip adalah faktor yang dibawa individu sejak lahir, ia merupakan faktor keturunan, dibawa individu sejak lahir. Kalau seseorang individu memiliki ciri fisik atau karakter sifat yang dibawa sejak lahir, ia juga memiliki ciri fisik dan karakter atau sifat yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan (faktor fenotip). Faktor lingkungan (fenotip) ikut berperan dalam pembentukan karakteristik yang khas dari seseorang. Istilah lingkungan merujuk pada lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Lingkungan fisik seperti kondisi alam sekitarnya. Lingkungan sosial, merujuk pada lingkungan di mana seorang individu melakukan interaksi sosial. Kita melakukan interaksi sosial dengan anggota keluarga, dengan teman, dan kelompok sosial yang lebih besar. Karakteristik yang khas dari seseorang dapat kita sebut dengan kepribadian. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh faktor bawaan (genotip) dan faktor lingkungan (fenotip) yang saling berinteraksi terus-menerus. Menurut Nursid Sumaatmadja (2000), kepribadian adalah keseluruhan perilaku individu yang merupakan hasil interaksi antara potensi-potensi bio-psiko-fiskal (fisik dan psikis) yang terbawa sejak lahir dengan rangkaian situasi lingkungan, yang terungkap pada tindakan dan perbuatan serta reaksi mental psikologisnya, jika mendapat rangsangan dari lingkungan. Dia menyimpulkan bahwa faktor lingkungan (fenotip) ikut berperan dalam pembentukan karakteristik yang khas dari seeorang.
  2. Manusia Sebagai Makhluk Sosial
    Menurut kodratnya manusia adalah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat, selain itu juga diberikan yang berupa akal pikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan. Dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial, manusia selalu hidup bersama dengan manusia lainnya. Dorongan masyarakat yang dibina sejak lahir akan selalu menampakan dirinya dalam berbagai bentuk, karena itu dengan sendirinya
    manusia akan selalu bermasyarakat dalam kehidupannya. Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, juga karena pada diri manusia ada dorongan dan kebutuhan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain, manusia juga tidak akan bisa hidup sebagai manusia kalau tidak hidup di tengah-tengah manusia. Tanpa bantuan manusia lainnya, manusia tidak mungkin bisa berjalan dengan tegak. Dengan bantuan orang lain, manusia bisa menggunakan tangan, bisa berkomunikasi atau bicara, dan bisa mengembangkan seluruh potensi kemanusiaannya.
    Dapat disimpulkan, bahwa manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, karena beberapa alasan berikut.
    a. Manusia tunduk pada aturan, norma sosial.
    b. Perilaku manusia mengaharapkan suatu penilain dari orang lain.
    c. Manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain
    d. Potensi manusia akan berkembang bila ia hidup di tengah-tengah manusia.

ayo menulis!
Bacalah bacaan di atas. Kemudian, tuliskan kembali mengenai manusia sebagai makhluk indivudu dan makhluk sosial berdasarkan bacaan di atas. Gunakan katakata baku dan tata bahasa yang benar. Tuliskan pada kolom berikut! 
........................................................................................................................................................
........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................

ayo renungkan!
Sikap apa yang kamu pelajari pada hari ini? Apakah kamu sudah menerapkan dalam kehidupan sehari-hari?
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................

kerjasama dengan orangtua!
Bagaimana hubunganmu dengan anggota keluargamu? Apakah kamu dengan anggota keluargamu saling membutuhkan? Bagaimana bentuk saling membutuhkan antaranggota keluargamu? Tuliskan pada kolom berikut!
...........................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................


Pembelajaran 4

Siti memperhatikan ibunya yang sedang telepon toko alat rumah tangga. Kemarin, saat Siti dan ibunya berbelanja gelas sebanyak 4 lusin, penjaga tokonya bilang kalau ibu mendapat hadiah 4 gelas. Namun, setelah sampai di rumah gelas ibu Siti hanya sebanyak 50, berarti kurang 2. Seharusnya, jika ibu Siti membeli 4lusin gelas dan mendapat hadiah 4 gelas, maka banyak gelas ibu Siti 52.
  
1 lusin = 12
4 lusin = 4 x 12= 48
4 lusin gelas + 4 gelas = 48 + 4 = 52 gelas

Ayo berlatih!
Selesaikan permasalahan-permasalahan berikut.
  1. Ibu Fatma membeli 8 lusin gelas. Ia mendapat hadiah 4 gelas sebagai bonus. Berapa banyak gelas ibu Fatma seluruhnya?
  2. Pak Rahman mempunyai persediaan kertas sebanyak 5 rim lebih 180 lembar. Setelah dilihat ternyata terdapat 35 lembar kertas rusak. Berapa banyak kertas yang masih baik?
  3. Aulia mempunyai 1 1/2 gross manik-manik. Aulia menggunakan 8 lusin 7 buah manik-manik untuk membuat kalung. Berapa sisa manik-manik Aulia?
  4. Ibu Lestari membeli 2 lusin pensil dengan harga Rp1.500,00 per buah. Kemudian membeli penggaris ½ lusin dengan harga Rp800,00 per buah. Berapa harga beli semuanya?
  5. Ibu Riana seorang pedagang. Pada awalnya ia mempunyai persediaan 2 kodi seprei. Hari ini terjual 2 lusin seprei. Berapa banyak seprei Ibu Riana yang belum terjual?
  6. Menjelang hari raya, Pak Burhan membeli 2 kodi baju. Pak Burhan membeli lagi 4 lusin baju. Berapa buah baju yang dibeli Pak Burhan semuanya?
  7. Dalam menghadapi ulangan semester suatu sekolah membutuhkan kertas untuk membuat soal ulangan. Diperkirakan tiap kelas membutuhkan 650 lembar. Jika di sekolah ada 6 kelas, berapa rim lebih berapa lembar kertas yang dibutuhkan sekolah?
  8. Ibu Lilis seorang penjahit yang sukses. Hari ini dia mendapat pesanan 25 baju. Setiap baju membutuhkan 9 kancing baju. Berapa gros lebih berapa buah kancing baju yang dibutuhkan Bu lilis?

Siti dan ibunya merasa diuntungkan dengan adanya teknologi berupa alat komunikasi berupa telepon. Dengan adanya telepon mempermudah dan memperlancar komunikasi antarmanusia. Hal ini menunjukkan aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya. Tahukah kamu, faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan aktivitas manusia?


Ayo cari tahu!
Coba cari tahu faktor yang mempengaruhi perubahan aktivitas manusia dalam kehidupannya. Kamu dapat bertanya kepada orang yang kamu anggap tahu, kamu
dapat membaca buku-buku referensi, kamu juga dapat membuka internet. Tuliskan
pada kolom berikut!

no
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perubahan Aktivitas Manusia
1
Kontak dengan kebudayaan lain.
2

3

4

5

6

7

8


Ayo sebutkan!
Sebutkan aktivitas manusia dan perubahan yang terjadi saat ini. Tuliskan pada kolom berikut.
no
Aktivitas manusia
perubahannya
1
Menuju tempat tertentu
dengan berjalan kaki.
Menuju tempat tertentu dengan berbagai
kendaraan, seperti sepeda motor dan mobil.
2


3


4


5



Manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial tentu mempunyai karakteristik yang mendorong terjadinya perubahan dalam kehidupannya. Tuliskan perbandingan tentang karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial dalam tabel berikut.

Ayo Bandingkan

no
Karakteristik Manusia sebagai Makhluk Individu
Karakteristik Manusia sebagai
Makhluk Sosial
1


2


3


4


5




Ayo diskusikan!Ayo Diskusikan
  1. Bentuklah kelompok terdiri atas lima orang anak. Kemudian, diskusikan hal-hal berikut. Apa saja teknologi yang sudah dapat merubah aktivitas kehidupan manusia ?
  2. Apakah kamu mengenal internet? Bagaimana teknologi seperti internet dapat merubah aktivitas kehidupan manusia.

Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut!
Hasil diskusi
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Ayo Amati
Ayo amati!
Amatilah gambar berikut!


Sebagai makhluk individu dan makhluk sosial, apa yang kamu lakukan terhadap peristiwa banjir? Tuliskan pada kolom berikut!

Ayo Renungkan
Apa yang sudah kamu pelajari hari ini? Apa yang sudah mempengaruhi aktivitas
kehidupanmu?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


Kerja Sama dengan Orang Tua
Apakah di rumahmu sudah menggunakan teknologi internet? Perubahan apa jyang
terjadi pada anggota keluargamu apabila menggunakan internet.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  
Pembelajaran 5

Pagi ini kelas Lani berolahraga. Olahraga merupakan satu cara menjaga kebugaran tubuh. Lani dan teman-teman melakukan aktivitas olahraga untuk menjaga kesehatan jantung dan paru. Mereka melakukan berbagai gerakan di antaranya sebagai berikut.

Ayo Amati
Amatilah berbagai gambar aktivitas yang menjaga kesehatan jatung dan paru berikut! Kemudian, tirukan gerakan-gerakannya.

  1. Jalan sehat

Berjalan biasa                    Berjalan cepat
                   
2. Lari
Berlari di tempat        Berlari biasa             Berlari cepat   
               

3. Senam irama
      Gerak 1            gerak 2                gerak 3
            


Ayo Ceritakan
Aktivitas apa yang kamu lakukan untuk menjaga kesehatan jantung dan
parumu? Coba ceritakan! Tuliskan cerita aktivitas tersebut dalam kolom berikut!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Untuk menjaga kebugaran jasmani manusia tidak hanya berolahraga. Manusia juga harus menghindari perilaku-perilaku yang akan merusak kesehatan, misalnya menghindari merokok. Merokok berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Tahukah kamu bahaya merokok bagi manusia?
Ayo Cari Tahu
Coba cari tahu bahaya merokok bagi manusia. Kamu dapat bertanya kepada orang yang kamu anggap tahu, kamu dapat membaca buku-buku referensi, kamu juga dapat membuka internet. Tuliskan pada kolom berikut!

no
Bahaya Merokok
1

2

3

4

5


Setelah berolahraga, Dayu dan teman-temannya menggambar. Gambar yang mereka buat bermacam-macam. Dayu akan menggambar komik. Pertama-tama yang Dayu lakukan yaitu menggambar tokoh komik. Berikut gambar tokoh yang di gambar oleh Dayu.

Ayo Amati
  1. Gambarlah pipi dan dagunya (seperti huruf “U”).
  1. Gambarlah alis dan matanya
  1. Gambarlah hidung dan mulut
  1. Gambarlah bentuk leher
  1. Gambarlah rambut
  1. Gambarlah badan
  1. Gambarlah karakter tokoh dengan pose tangan didepan
  1. Gambarlah bagian perut dan kaki. Tambahkan detail celana dan baju.

Ayo Menggambar
Siapkan alat untuk menggambar tokoh komik menurut imajinasimu. Gambarlah pada kotak berikut.





 
 


 

 











Jika Dayu menggambar tokoh komik, lain halnya dengan Edo dan Beni. Edo dan Beni menggambar rangka manusia. Edo menggambar rangka manusia. Edo melengkapi gambarnya dengan nama-nama tulang pada pada rangka. Berikut gambar Edo.

Ayo Menggambar
Gambarlah satu di antara rangka tubuh manusia. Gambarlah pada kotak berikut. Berilah keterangan pada gambar yang telah kamu buat.





















Ayo Menulis
Ceritakan rangka manusia yang kamu buat. Apa fungsi rangka tersebut. Tuliskan
cerita gambarmu dan fungsi rangka yang kamu gambar pada kotak beriku!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Ayo Renungkan
Apa yang kamu pelajari pada hari ini? Apakah kamu sudah menerapkan dalam
kehidupan sehari-hari?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...

Kerja Sama dengan Orang Tua
Adakah orang-orang di sekitarmu yang merokok? Apakah asap rokok juga berbahaya bagi kesehatan tubuh, meskipun tidak merokok secara langsung?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………................................



Pembelajaran 6


Ayo amatiyo
Amati
Amatilah aktivitas masyarakat kota dan desa berikut.


    Aktivitas masyarakat pada gambar di atas berguna untuk saling memenuhi
kebutuhan di antara masyarakat kota dan desa. Masyarakat perkotaan dan pedesaan
terdapat hubungan yang erat, bersifat ketergantungan, karena di antara mereka
saling membutuhkan. Bagaimana ketergantungan masyarakat kota terhadap
masyarakat desa? Sebaliknya, bagaimana masyarakat desa ketergantungan terhadap masyarakat kota?

Ayo Cari Tau

Coba cari tahu bentuk ketergantungan masyarakat kota dan desa. Kamu dapat
bertanya kepada orang yang kamu anggap tahu, kamu dapat membaca buku-buku
referensi, kamu juga dapat membuka internet. Tuliskan pada tabel berikut !

No.
Masyarakat Kota
Masyarakat Desa
1.
Kota tergantung pada desa dalam
memenuhi kebutuhan warganya
akan bahan-bahan pangan seperti
beras, sayur-mayur, daging, dan ikan.
Orang desa membutuhkan seperti
bahan-bahan pakaian, alat dan obatobatan
pembasmi hama pertanian
yang dihasilkan oleh orang kota.
2.










Hari ini Edo bercerita masa kecil ayahnya. Edo dapat bercerita karena ayah Edo
pernah bercerita kepada Edo. Masa kecil ayah Edo tinggal di sebuah desa. Apabila
ayah Edo ingin membeli kebutuhan sekolah seperti sepatu, seragam sekolah, tas,
dan buku-buku harus ke kota atau memesan orang yang sering ke kota. Waktu itu,
orang desa ke kota hanya berjalan kaki atau naik sepeda. Berbeda dengan zaman
sekarang. Sekarang ini orang desa ke kota sudah naik sepeda motor, bus, bahkan
mobil. Perkembangan teknologi telah merubah aktivitas kehidupan manusia,
misalnya karena adanya kendaraan yang menjamur, masyarakat yang tadinya
berjalan kaki atau bersepeda beralih ke sepeda motor. Tahukah kamu aktivitas dan
perubahan kehidupan manusia yang lainnya.

Ayo Cari Tau

Coba cari tahu aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam bidang
sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya. Kamu dapat bertanya kepada orang yang
kamu anggap tahu, kamu dapat membaca buku-buku referensi, kamu juga dapat
membuka internet. Uraikan hasilnya dengan cara menuliskan pada kolom berikut !



Aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam bidang sosial:
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………...


Aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam bidang ekonomi:
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………...

Aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam bidang pendidikan:
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………...

Aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam bidang budaya:
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………...

Ayo Mewawancarai

Di daerah mana kamu tinggal? Amatilah aktivitas manusia di daerah sekitar
tempat tinggalmu. Lakukan wawancara terhadap satu orang yang tinggal di
daerahmu. Pilihlah orang yang berumur kurang lebih 40–50 tahun. Tanyakan
kepada beliau mengenai aktivitas-aktivitas penduduk pada zaman beliau masih
muda. Tanyakan kepada beliau hal-hal berikut.
1. Adakah perubahan aktivitas beliau pada zaman masih muda dengan sekarang?
2. Apa faktor yang mempengaruhi perubahan tersebut?
3. Di bidang apakah perubahan itu terjadi?



Ayo Membuat Laporan

Buatlah laporan dari hasil wawancara yang kamu lakukan. Tuliskan laporanmu pada
kolom berikut.

………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………...

Selain menceritakan tentang ayahnya di masa kecilnya, Edo juga bercerita tentang legenda dan cerita rakyat. Tahukah kamu yang dimaksud dengan legenda?

Ayo Cari Tahu
Coba cari tahu yang dimaksud dengan legenda. Kamu dapat bertanya kepada orang yang kamu anggap tahu, kamu dapat membaca buku-buku referensi, kamu juga dapat membuka internet. Uraikan hasilnya dengan cara menuliskan pada kolom berikut!
Legenda adalah
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...........................................

Ayo Amati
Amatilah gambar komik mengenai legenda dan cerita rakyat berikut ini.
  1. Legenda Malin Kundang


  1. Timun mas

Ayo Menggambar
Pilihlah legenda atau cerita rakyat yang kamu ketahui. Kemudian, gambarlah mengenai cerita tersebut. Kamu bisa menentukan adegan yang akan kamu gambar sesuai keinginanmu. Gambarlah pada kotak berikut.!














Ayo Renungkan
Apa yang kamu pelajari pada hari ini? Apakah kamu sudah menerapkan dalam
kehidupan sehari-hari?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………................................

Kerja Sama dengan Orang Tua
Tanyakan kepada orang tuamu, bagaimana cara mereka menuntut ilmu di masa
sekolahnya? Berbedakah dengan orang menuntut ilmu pada zaman sekarang?
Tuliskan pada kolom berikut!
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar