Rabu, 10 Desember 2014

subtema 3 bangga menjadi warga indonesia kurikulum 2013

Perhatikan gambar di atas.
Mengapa kita perlu tentara?
Apa yang terjadi seandainya tidak ada perang di dunia?
Apa yang dapat kita lakukan untuk dapat menciptakan dunia yang damai?
Pemerintah Indonesia mengadakan kerja sama ekonomi dengan Cina yang
ditandatangani oleh petinggi kedua negara di Jakarta hari Rabu (02/10) merupakan
penanda dimulainya sebuah era baru.
Kerja sama Indonesia dan Cina selama ini didominasi oleh perdagangan. Namun,
saat ini bentuk kerja sama sudah mulai bergeser ke arah industrialisasi dan
pembangunan nonperdagangan.
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyambut baik adanya peningkatan
hubungan ekonomi Indonesia dan Cina.
“Kita sepakat terus meningkatkan perdagangan dan investasi kedua negara, nilai
perdagangan kedua negara yang mencapai US$51 miliar, kita sepakat untuk terus
ditingkatkan,” kata Presiden Yudhoyono.
“Investasi Tiongkok yang terus meningkat kami sambut dengan baik. Bahkan,
Presiden Xi Jinping juga membawa delegasi bisnis yang besar. Ini tentu baik bagi
kemitraan antara dunia usaha Indonesia dengan dunia usaha Tiongkok untuk kerja
sama di masa datang.”
Presiden Yudhoyono mengatakan selain perdagangan dan investasi, Indonesia dan
Cina menandatangani kerja sama di bidang industri, infrastruktur, transportasi,
energi dan keuangan, serta pariwisata.
Carilah informasi mengenai barang-barang yang diimpor Indonesia dari Cina.
Sebaliknya, carilah juga informasi mengenai barang-barang dari Indonesia yang
diekspor ke Cina. Tuliskan informasi yang kamu dapat masukkan dalam tabel berikut.
Tanyakan kepada temanmu, informasi apa saja yang mereka dapatkan, lalu
bandingkan dengan informasi yang kamu peroleh. Saling lengkapilah informasi
yang kalian peroleh.
Salah satu sebab kita mengimpor barang dari luar negeri karena kita tidak dapat
memproduksi barang tersebut di dalam negeri. Misalnya mobil dan mesin-mesin
pabrik. Sebaliknya, jika produksi suatu barang di negeri kita berlimpah, maka
kita dapat mengirimkan barang-barang tersebut untuk dijual ke luar negeri. Jadi,
manfaat adanya perdagangan dengan luar negeri ialah kita dapat memperoleh
barang yang tidak dapat kita produksi sendiri.
Tuliskan manfaat-manfaat lain dari perdagangan antara Indonesia dan negara-negara lain. Tuliskan dalam kotak berikut.
Salah satu barang yang dapat kita ekspor ke luar negeri adalah kerajinan. Seorang
pengusaha tas kulit mengiklankan produknya setelah melihat contoh iklan berikut.
Setelah beberapa waktu mengiklankan produknya di internet, pengusaha itu
menerima pesanan dan akan mengirim produknya ke luar negeri. Dia mengemas
barang itu dalam sebuah kotak kayu berbentuk kubus. Kotak tersebut bervolume      
. Berapa ukuran kotak tersebut?
Setelah kamu amati, pola apa yang kamu peroleh pada perpangkatan tiga?
Bagaimana cara memperoleh hasil akar pangkat tiga dari suatu bilangan kubik?
Adakah cara atau alternatif lain dalam menentukan akar pangkat tiga bilangan
kubik? Jelaskan.
Kerjakan seperti nomor 1
Apa yang telah aku pelajari hari ini?
Apa keuntungan adanya perdagangan antarnegara?
Kerja Sama dengan Orang Tua

Perhatikan barang-barang di rumahmu. Adakah di antara barang-barang tersebut
merupakan barang impor?
Mintalah petunjuk bapak/ibu guru olahraga. Lakukan permainan  rounders dengan
langkah-langkah berikut.
a.   Tentukan regu pemukul dan regu penjaga.
b.   Setiap regu terdiri atas 12 siswa.
c.   Regu pemukul memukul bola dimulai dari pemukul nomor urut 1, 2, 3 sampai 12.
d.   Pemukul berusaha memukul bola dengan keras agar bola dapat melampaui
tempat hinggap (base) serta sukar dijangkau penjaga.
e.   Pemukul berlari cepat saat menuju  base  agar terhindar dari sentuhan bola
penjaga serta  base yang dituju tidak dibakar penjaga.
f.   Apabila seorang pemukul dapat kembali ke ruang bebas tanpa dapat dimatikan
oleh regu penjaga, ia mendapatkan nilai 5. Akan tetapi, jika selama permainan
tersebut ketika menuju tempat hinggap dapat dimatikan oleh regu penjaga,
nilainya dikurangi sebanyak ia dimatikan oleh regu penjaga.
g.   Lemparan bola yang dilakukan pemain regu penjaga diusahakan berada di
antara bahu dan lutut pemukul. Lemparan bola dilakukan dengan cepat dan
keras agar luput dari pukulan pemukul.
h.   Regu penjaga siap menangkap bola yang dipukul oleh pemukul serta
mengoperkan bola ke sesama penjaga. Penjaga juga harus siap membakar
base dengan injakan kaki sesudah menangkap bola serta berusaha menyentuh
pemukul dengan bola yang ditangkapnya.

Gerakan apa saja yang harus kamu latih dalam bermain rounders?
  1. Melempar bola
Setelah bermain rounders, Edo dan teman-teman beristirahat di bawah pohon.
Kerindangan pohon itu melindungi mereka dari panas matahari. Berada di bawah
pohon besar, udara terasa sejuk. Edo telah merasakan salah satu manfaat tumbuhan.
Adakah manfaat lain tumbuhan?
1.   Perhatikan gambar-gambar dalam tabel berikut. Beri tanda V pada kolom yang
sesuai.
2.   Amatilah benda-benda di sekitarmu dan makanan-makanan yang pernah kamu
makan. Adakah di antara benda-benda dan makanan itu berasal dari tumbuhan?
Jika ada, sebutkan satu per satu. Tuliskan dalam tabel berikut.
Di antara berbagai benda dalam tabel kegiatan pada halaman sebelumnya, adakah
di antara benda-benda itu kita impor? Benda apakah itu? Sebaliknya, adakah benda
yang dapat kita ekspor? Benda apakah itu?
Perhatikan lagi contoh iklan tas yang pernah kamu lihat pada Pembelajaran 1
Pada Pembelajaran 1 kamu telah menuliskan informasi-informasi yang dapat kamu
peroleh dari hasil pengamatan terhadap iklan tersebut. Sekarang, tuliskan unsur-unsur yang merupakan daya tarik iklan tersebut.
Iklan yang menarik juga harus memperhatikan beberapa prinsip seni, misalnya
warna dan harmoni. Warna cerah tentu akan menarik perhatian orang, tetapi
harmoni juga harus diperhatikan supaya lebih indah dilihat. Menurutmu, apakah
contoh iklan tersebut sudah memperhatikan warna dan harmoni? Coba, jelaskan.
Selain tas kulit, banyak perajin Indonesia membuat tas batik seperti contoh berikut.

Perhatikan motif-motif pada contoh beberapa tas di atas. Motif hias Nusantara
terlihat indah, bukan? Motif-motif tersebut menjadi dekorasi yang indah sehingga
termasuk motif dekoratif.
Apa makna motif dekoratif? Selanjutnya, apa makna gambar dekoratif?
Diskusikan jawaban kedua pertanyaan tersebut dengan teman-temanmu, kemu-dian tuliskan hasilnya dalam kotak berikut.
Siti dan siswa-siswi kelas V SD Nusantara sedang membahas rencana menghias
kelas. Berbagai usulan muncul. Ada yang ingin hiasan berupa gambar warna-warni
pada dinding, ada yang ingin hiasan berupa pita-pita dan balon seperti hiasan
pesta ulang tahun, ada yang ingin hiasan berupa bunga-bunga segar, dan ada pula
yang mengusulkan hiasan berupa beberapa pot tanaman hias.
Apakah kamu pernah membahas tentang sesuatu hal dengan teman-teman
sekolahmu? Bagaimana suasana pada saat itu? Tuliskan dalam kotak berikut.
Adi mengusulkan untuk menghias kelas dengan aneka gambar di dinding. Namun,
Rini dan Yudi menolak usul itu. Menurut Rini dan Yudi, gambar-gambar itu malah
akan merusak konsentrasi belajar mereka. Sementara menurut Adi adanya gambar-gambar tersebut akan membuat suasana ruang kelas mereka akan menjadi ceria
dan tidak membosankan.
Bagaimana tanggapanmu terhadap perbedaan pendapat yang terjadi antara Adi
dengan Rini dan Yudi? Lalu, usul apa yang dapat kamu berikan untuk menjembatani
kedua usul yang berseberangan tersebut? Tuliskan dalam kotak berikut.
Tuliskan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan sila ketiga dan keempat
Pancasila. Tuliskan dalam tabel berikut
Pada  akhirnya,  setelah  cukup  lama  dengan  perdebatan  yang  cukup  lama,                           
kelas V memutuskan hasil musyawarah mereka. Hasil musyawarah itu adalah
sebagai berikut

Musyawarah untuk mufakat tidak hanya dikenal oleh bangsa Indonesia Namun
juga oleh bangsa-bangsa lain. Hal ini dapat terlihat dari perjanjian ekspor-impor
antara dua negara atau lebih yang mengutamakan musyawarah untuk mufakat
untuk mencapai tujuan dan keuntungan bersama.
Dari bacaan di atas, coba diskusikan dengan teman sebangkumu mengenai contoh-contoh dari produk-produk ekspor Indonesia. Kemudian, lengkapi peta pikiran
berikut.
Setelah kamu diskusikan dengan teman sebangkumu dan berdasarkan peta pikiran
yang telah kamu buat, berikan pendapatmu mengenai hal-hal berikut.
Salah satu bentuk ekspor Indonesia yang paling di-tunggu di pasar luar negeri adalah ekspor rotan.
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Ketua
Masyarakat Pekerja Pengrajin Rotan Seluruh Indone-sia (MPPRSI), ekspor rotan mengalami peningkatan
sebesar 71% bila dibandingkan dengan tahun 2011.
Ketua Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Cirebon,
Sumartja mengatakan, pada zaman keemasan, volume ekspor kerajinan dan
mebel rotan dari Cirebon mencapai 3.000 kontainer per bulan. “Sekarang mulai
bangkit, dengan jumlah rata-rata ekspor 1.200 kontainer per bulan,” ujarnya di sela
kunjungan Komisi IX DPR RI ke sentra kerajinan dan mebel rotan Desa Tegalwangi,
Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Senin (28/10/2013) sore.
Untuk mengetahui volume barang ekspor dalam
sebuah kontainer, kita dapat memulainya dengan
menghitung volume kontainer  tersebut.
Apabila kita telah mengetahui dimensi kontainer,
kita tinggal megnhitungnya dengan menggunakan
rumus:          
Untuk mencari bilangan berpangkat 3, kita hanya perlu mengalikan bilangan
tersebut sebanyak 3 kali.
Contoh:  
                                 
Untuk mencari akar pangkat 3, kita lakukan dengan arah yang berlawanan dari
mencari pangkat 3.
Contoh:  
Berapa nilai akar pangkat 3 dari 27?
Apa yang telah aku pelajari hari ini?
Apa yang sebaiknya aku lakukan untuk dapat menerapkan sila ketiga dan keempat
Pancasila di sekolah?
Buatlah rancangan motif dekoratif untuk menghias pot bunga.
Perhatikan gambar peta di atas.
1.   Di daerah manakah kamu tinggal?
2.   Bagaimana kondisi wilayah tempat kamu tinggal? Apakah berupa pegunungan,
daratan, atau daerah perairan?
3.   Berupa apakah daerah tempat tinggalmu? Perkotaan, pedesaan, atau pesisir?
4.   Bagaimana kehidupan masyarakat sekitar tempat tinggalmu?
Perhatikan beberapa gambar berikut. Tuliskan pendapatmu atas kehidupan
masyarakat pada setiap gambar.
Amatilah kondisi wilayah pedesaan dan wilayah perkotaan di dekatmu. Jika tidak
memungkinkan, lihatlah gambar-gambar di surat kabar, majalah, atau sumber-sumber lain. Amatilah kedua wilayah tersebut baik-baik, lalu jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1.   Bagaimana masyarakat wilayah pedesaan dan perkotaan berhubungan dengan
alam?
2. Apa pekerjaan sebagian besar masyarakat pedesaan? Apa pula pekerjaan
sebagian besar masyarakat perkotaan? Adakah perbedaan jenis pekerjaan di
kedua wilayah itu?
3.   Adakah perbedaan ukuran komunitas masyarakat pedesaan dan perkotaan?
Mana yang lebih besar?
Warga Desa Cinta Damai bergotong royong membuat tempat pembuangan sampah.
Tempat pembuangan sampah itu akan dibuat berbentuk kubus. Warga membuat
berbagai pilihan ukuran yang sesuai dengan volume sampah yang dapat ditampung
di tempat pembuangan sampah itu. Lengkapilah tabel berikut.
Halaman rumah kakek Udin luas. Kakek menanam aneka tanaman dan tumbuhan.
Di depan rumah ditanam berbagai bunga seperti mawar, melati, anggrek, bunga
matahari, dan bunga nusa indah. Di atap teras merambat tanaman anggur. Di
halaman samping kiri ditanam pisang, pepaya, dan rambutan. Di halaman samping
kanan ditanami aneka tanaman sayur seperti bayam, tomat, cabai, sawi, dan
singkong. Di situ juga ditanami tumbuhan jahe, serai, kencur, dan lengkuas. Di
halaman belakang, Kakek menanam pohon mangga, kelapa, dan jeruk nipis. Udin
senang saat berkunjung ke rumah Kakek. Udin dapat memetik buah, mencabut
singkong, atau merangkai bunga-bunga di dalam vas.
Perhatikan gambar-gambar berikut. Dari bagian tumbuhan manakah setiap
gambar? Tandai V pada kolom yang sesuai.
Manfaat Tumbuhan bagi Manusia
Tumbuhan dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bagian
tumbuhan yang dimanfaatkan antara lain akar, batang, daun, buah, dan bijinya.
Berikut ini beberapa contoh pemanfaatan bagian tumbuhan oleh manusia.
1.    Tumbuhan sebagai bahan makanan.
 Tumbuhan di sekitar kita banyak yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan
manusia. Bagian-bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk bahan
makanan antara lain akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.
Di kebun, Udin melihat cabang batang pohon yang kuat. Udin menggunakan cabang
itu untuk melakukan senam. Udin melakukan gerakan  pull up, yaitu bergantung,
kemudian mengangkat badan ke atas.
Cara melakukan gerakan  pull up adalah sebagai berikut.
1.   Siapkan palang sebagai pegangan.
2.   Posisi tubuh bergelantung dengan kedua tangan memegang palang.
3.   Angkat tubuh ke atas hingga palang di depan dada.
4.   Turunkan tubuh ke bawah seperti posisi awal.
5.   Lakukan gerakan mengangkat tubuh dan menurunkannya kembali secara
berulang-ulang.
Lakukan gerakan pull up. Lakukan berulang-ulang 5 hitungan, kemudian meningkat
10 hitungan.
Buatlah rancangan pemanfaatan bagian tumbuhan yang dapat kamu lakukan,
misalnya menghias pot bunga menggunakan ranting-ranting kecil, pelepah
pisang, dan biji-bijian. Gunakan rancangan hiasan yang telah kamu buat dalam
pembelajaran-pembelajaran sebelumnya. Buatlah semenarik mungkin. Kamu dapat
menggunakan berbagai motif hias nusantara seperti contoh-contoh berikut.
Apa yang telah kamu pelajari hari ini?
Apa yang dapat kamu lakukan supaya dapat menikmati manfaat tumbuhan sampai
kapan pun?
Hiaslah pot bunga sesuai rancangan dan bahan-bahan yang telah kamu siapkan
dalam pembelajaran-pembelajaran sebelumnya




Semenjak sekolah membuat koperasi sekolah tiga tahun yang lalu, Lani rajin
menabung di koperasi sekolah. Ia menabung agar dapat memiliki cukup uang
untuk membeli komputer. Ia sangat berkeinginan memiliki komputer sendiri
agar dapat lebih mudah saat mengerjakan tugas-tugas sekolah.
Ibu Guru :    “Siapa di sini yang menjadi anggota koperasi sekolah Nusantara?”
Udin  :    “Lani dan Beni, Bu!”
Ibu Guru :    “Betulkah itu, Lani?”
Lani   :    “Betul, Bu. Sedari kecil Mama mengajarkan saya untuk hidup hemat
dan menabung. Makanya waktu ada tabungan sekolah, saya langsung
tertarik untuk ikut, Bu.”
Ibu Guru :    ”Bagus sekali, Lani. Anak-anak, apa yang dilakukan oleh Lani dan Beni
merupakan contoh yang baik bagi kita semua. Menabung merupakan
sebuah kegiatan menyisihkan sebagian uang yang kita miliki. Menabung
dapat dilakukan di bank atau sekolah, seperti yang terdapat di sekolah
kita ini.”
Udin  : “Tapi mengapa sekolah kita membuat tabungan di bawah koperasi
sekolah, Bu? Memangnya koperasi dapat menjadi tempat penyimpanan
uang?”
Ibu Guru :    “Pertanyaan yang bagus, Udin. Koperasi sekolah kita memiliki beberapa
bentuk usaha, yakni usaha simpan pinjam atau yang berbentuk tabu-ngan sekolah agar siswa gemar menabung dan usaha pertokoan yang
menjual aneka kebutuhan sekolah bagi siswa.”
Udin  :    “Wah, saya jadi tertarik untuk ikut menabung di koperasi sekolah, Bu.”
Ibu Guru :    “Bagus sekali, Udin. Dengan ikut dalam kegiatan koperasi sekolah, akan
ada banyak manfaat yang dapat kamu peroleh. Kamu dilatih menjadi
seseorang yang mandiri, memiliki jiwa wirausaha dalam bidang koperasi,
serta memiliki sikap disiplin, tanggung jawab, dan gotong royong. “
Diskusikanlah dengan teman sebangkumu.
    Berikan contoh-contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila kelima
Pancasila.
    Sila kelima Pancasila, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
merupakan dasar dari koperasi. Mengapa demikian?
Lingkungan dan kegiatan ekonomi memang tidak dapat dilepaskan dari
kegiatan sehari-hari masyarakat kita. Alam sekitar kita menjadi penopang
kegiatan ekonomi kita dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup masyarakatnya.
Kondisi geografis menjadi salah satu faktor penentu kegiatan perekonomian
masyarakat sebab sebagian besar kegiatan perekonomian di Indonesia, seperti
perdagangan, pertanian, perikanan, pertambangan, peternakan, kehutanan,
dan perindustrian terkait dengan sumber-sumber daya alam yang terdapat di
Indonesia.
Kondisi alam juga memengaruhi denyut kehidupan ekonomi di pedesaan
dan perkotaan. Kegiatan ekonomi di pedesaan cenderung bersifat tradisional,
berbeda dengan di kota yang bersifat modern. Kondisi alam atau keadaan
geografis setiap daerah yang berbeda juga memberikan keragaman hasil-hasil
kegiatan ekonomi.
Bersama-sama teman sekelompokmu, coba cari tahu mengenai hal-hal berikut.
    Kondisi geografis di daerahmu.
    Kegiatan-kegiatan ekonomi di lingkunganmu yang berkaitan dengan kondisi
geografis di daerahmu.
    Hubungan antara kondisi geografis dan kegiatan perekonomian masyarakat
secara keseluruhan.
Tuangkan semua yang kalian peroleh dalam bentuk laporan tertulis dengan tema
Hubungan antara Kegiatan Ekonomi dan Kondisi Geografis Alam. Kalian juga dapat
menggunakan foto-foto atau gambar yang sesuai dengan tema untuk mendukung
laporanmu. Buatlah laporan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar. Jika kamu menggunakan sumber informasi lain, seperti dari buku atau
majalah, cantumkanlah nama sumber tersebut.

Manfaat Ekspor dan Impor bagi Bangsa Indonesia
Sama halnya dengan manusia yang tidak dapat hidup sendiri, sebuah bangsa pun
tidak dapat hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari bangsa lain. Kegiatan ekspor, yaitu
kegiatan menjual barang dan jasa ke luar negeri, sementara impor berarti sebaliknya,
yaitu kegiatan membeli barang dan jasa dari luar negeri. Kebutuhan dalam negeri
sebuah bangsa pastinya banyak dan beragam dan oleh karenanya dibutuhkan kegiatan
ekspor dan impor. Komoditi ekspor Indonesia terbagi atas tiga kelompok besar, yaitu
ekspor barang migas (minyak dan gas), nonmigas (barang-barang hasil kerajinan,
pertambangan, peternakan, dan sebagainya), dan jasa (pengiriman tenaga kerja ke luar
negeri). Dengan kegiatan ekspor, bangsa Indonesia dapat menghasilkan devisa atau
pendapatan bagi negara yang tentunya menguntungkan bagi kita.
Kegiatan impor yang dilakukan oleh bangsa Indonesia sendiri meliputi produk-produk makanan jadi, obat-obatan, kendaraan bermotor sampai pesawat terbang.
Kegiatan impor menuntut bangsa Indonesia untuk melakukan kerja sama internasional
dengan bangsa lain.
Apakah hanya bangsa Indonesia saja yang melakukan kegiatan impor? Sebagaimana
yang disebutkan sebelumnya, sebuah bangsa memiliki banyak kebutuhan dan tidak
semua bangsa memiliki sumber daya alam yang sama untuk memenuhi kebutuhan
dalam negerinya. Kegiatan eskpor dan impor merupakan bagian dari pertukaran barang
dan jasa yang bersifat internasional. Sungguh amat besar manfaat dari kegiatan ekspor
dan impor bagi suatu bangsa.
http ://www.bimbingan.org/artikel -ekspor-impor -indonesia .htm  dengan perubahan yang disesuaikan
    Buatlah kartu tanya yang berisi pertanyaan-pertanyaanmu sehubungan
dengan bacaan di atas. Sebuah contoh telah diberikan untukmu. Tukarkan
kartu tanya tersebut dengan teman-temanmu. Catatlah jawaban yang
diberikan di buku tulis.

Carilah informasi-informasi yang penting dari bacaan di atas dan buatlah
ringkasan bacaan berdasarkan informasi penting tersebut.

Indonesia selain merupakan surga yang menampilkan keindahan alam
bagi para wisatawan mancanegara, juga merupakan surga aneka kerajinan
tangan yang unik dan khas. Hal ini mendorong naiknya tingkat ekspor kerajinan
Indonesia ke negara lain. Lihat saja Belanda yang baru-baru ini menandatangani
kesepakatan program pelatihan ekspor dengan Indonesia agar kerajinan tangan
Indonesia, yaitu kerajinan tangan untuk dekorasi rumah, tekstil, dan bahan
pangan dapat makin meningkat jumlahnya.
Belum lagi kerajinan kain tenun dan songket
Indonesia yang tak perlu diragukan lagi. Bahkan
saat ini, terdapat jenis kerajinan tangan yang baru
dan unik yang datang dari Bali, yaitu kerajinan
tangan berbahan baku tulang hewan, baik tulang
sapi, aya,m dan ikan hiu yang banyak mendapatkan
perhatian, umumnya dari kolektor barang-barang
seni di luar negeri. Walaupun penjualan kerajinan jenis ini belum sebesar pen-jualan kerajinan kulit atau kayu, namun tidak menutup kemungkinan kerajinan
tangan ini akan menjadi primadona baru kerajinan tangan Indonesia.

Di bawah ini sebuah contoh iklan barang ekspor. Presentasikanlah
iklan tersebut dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Tambahkan informasi-informasi yang makin menjual iklan tersebut.
Selamat melakukan presentasi!

Kain nusantara terkenal di mancanegara sebagai kain dengan keindahan tersendiri.
Corak yang ada menawarkan keanggunan yang menjadi incaran banyak orang,
bahkan kolektor di luar negeri. Berikut adalah beberapa contoh motif hias nusantara
yang dapat kita tiru.

Sebelum kita menggambar motif hias nusantara di atas, kita harus mengenal
beberapa prinsip seni dalam seni rupa. Berikut adalah beberapa prinsip seni rupa
yang dapat kita terapkan saat mencipta karya seni. Prinsip-prinsip tersebut adalah
sebagai berikut.
    Kesatuan yang merupakan pertautan bagian-bagian dalam karya seni. Bagian
tersebut tidaklah harus sama satu dengan yang lain, selama antarbagian
membentuk komposisi yang bagus dan serasi.
    Keselarasan antara bentuk dan warna.
    Kontras atau perbedaan yang tercipta akibat warna, bentuk atau ukuran.
    Irama atau pengulangan satu atau beberapa unsur secara teratur.
    Gradasi yang merupakan tingkat perbedaan warna secara berangsur-angsur.
    Proporsi atau perbandingan bagian-bagian satu dengan yang lain secara
keseluruhan.
    Keserasian yang merupakan prinsip menyatukan unsur-unsur yang berasal dari
bentuk yang berbeda.
    Komposisi yang memusatkan perhatian pada susunan unsur-unsur seni rupa
menjadi bagus, teratur, dan serasi.
    Keseimbangan yang dapat dilihat dari kesamaan daya tarik yang ditampilkan di
setiap sisi susunan.
    Aksentuasi yang dapat dilihat dari unsur-unsur yang sangat menonjol yang
membedakannya dengan unsur-unsur yang ada di sekitarnya.
Sumber: http ://klikbelajar .com /kesenian-dan -olahraga/unsur -dan -prinsip-seni -rupa/ dengan perubahan yang disesuaikan
Gambarlah di sebidang kain berukuran A4, salah satu motif hias nusantara.
Gunakan pensil 2B dan berhati-hatilah saat menggambar polanya.
Ada beberapa teknik dalam melukis, yaitu teknik basah dan teknik kering. Disebut
teknik kering karena menggunakan minyak cat untuk mengencerkan cat warna.
Hasil lukisan teknik basah lebih jernih dan cemerlang. Bulu kuas yang dibutuhkan
juga lebih panjang. Berbeda dengan teknik kering yang menggunakan cat langsung
dari tubenya tanpa proses pengenceran terlebih dahulu. Cat yang dipoleskan akan
lebih cepat kering dan mudah ditimpa dengan cat yang lain apabila terjadi kesala -han dalam pemolesan warna.
Sumber: http ://www.bimbingan.org/macam-macam-teknik -melukis.htm
Warnailah motif hias nusantara buatanmu dengan salah satu teknik di atas
yang menurutmu paling mudah. Pastikan berhati-hati dan tetap rapi dalam
mewarnai. Selamat berkreasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar